4/25/07

Semangat Menghidupi sebuah Komunitas


Apa sebenarnya yang dapat kita maknai dalam transformasi demokrasi di negri kita ini ? Semula, kami adalah para aktivis, penulis, jurnalis dan juga pekerja kemanusiaan. Di tengah-tengah perubahan politik di Indonesia, kata-kata demokratisasi hanyalah sebuah wacana, yang enak untuk dibicarakan, tapi tidak mudah dijalankan. Melalui pengalaman yang panjang, kami menemukan esensi dari demokrasi yakni; melibatkan diri kami, dalam kehidupan sosial secara langsung, hidup bersama rakyat dan memberi inspirasi bagi banyak orang.

Macam-macam cara sudah kami tempuh, gagal dan berhasil telah kami rasakan. Namun yang paling mendasar; bagaimana pemikiran kita dapat langsung dirasakan oleh rakyat itu sendiri. Pilihannya, adalah bekerja dan mengabdi pada masyarakat. Tak mudah, memang. Pasalnya, kita juga terikat pada komitmen moral untuk membawa bangsa Indonesia untuk hidup lebih baik.

Pendidikan, lalu kami terjemahkan lebih lanjut. Yakni, pendidikan bagi anak-anak di kalangan miskin. Bermodalkan kekerasan hati, selama kurun 10 tahun terakhir, akhirnya kami memutuskan sebagai pelayan rakyat. Dan untuk menjadi pelayan rakyat, toch tak harus menjadi birokrat. Menjadi orang biasa, sambil melayani serta mengajak teman-teman terlibat dalam gerakan kemanusiaan,ternyata, kita menemukan begitu banyak sahabat.

Pekerjaan mendidik, lalu kami artikulasikan lebih kecil. Antara lain, mendidik anak-anak miskin di pelbagai pelosok tanah air. Dari kelompok kerja kami, sudah banyak tersebar. Mulai dari pedalaman Kalimantan sampai di Aceh. Sedangkan jaringan kami di Jakarta bergerak di wilayah terdekat, antara lain di Cikoneng, Bantar Gebang, teluk Gong, Kampung Melayu, Cipinang Bali, Bekasi, dan tempat-tempat lainnya. Terimkasih Anda telah menjadi bagian dari kesederhanaan ini.

No comments: