4/21/07

Anak-anak itu sangat cerdas


Sembari mengamati teman-teman EXXONMobil mengajar adik-adik SD Cikoneng, diam-diam kami ikut nguping. Nah, di saat seperti ini, adik-adik SD Cikoneng mendapat kesempatan untuk menguji kemampuan belajarnya. Ini sangat menarik. Setidaknya, menyerap kemampuan anak-anak secara individu, tidak diragukan lagi bahwa anak-anak SD Cikoneng, sebanarnya mempunyai tingkat kecerdasan yang baik.

Masalahnya, kerapkali kita tidak mau memberi kesempatan pada anak-anak di lingkungan keluarga miskin untuk memperoleh kesempatan belajar. Dalam konteks masalah semacam ini, sepatutnya lembaga-lembaga swasta bisnis mau turun terlibat dengan memberi suport. Bentuknya bisa macam-macam, misalnya: memperbaiki saran belajar,melengkapi saran kepustakaan, pemberian bea siswa pada anak-anak yang berprestasi atau kegiatan lain yang sangat bermanfaat.

Dengan semangat untuk terus menyokong upaya pencerdasan anak-anak Indonesia, langkah yang dilakukan oleh EXXOMobil harus didukung oleh lembaga-lembaga swasta lainnya, sehingga beban pendidikan nasional yang rendah dapat diimbangi oleh kelompok dan individu yang concern terhadap dunia anak-anak, terutama pendidikan bagi anak-anak dari keluarga miskin.

No comments: